Keindahan Sunset di Pura Tanah Lot Bali


Keindahan Sunset di Pura  Tanah Lot Bali
Keindahan Sunset di Pura  Tanah Lot Bali. Pura Tanah Lot disebut juga Pura Luhur Tanah Lot dan merupakan tempat suci agama Hindu. Pura Luhur Tanah Lot mempunyai keindahan alami dengan sunset yang memukau. Tanah Lot adalah salah satu tempat terbaik di pulau Bali dan tempat  terindah untuk melihat sunset Tanah Lot Bali. Pura Tanah Lot terletak di tepi pantai Tanah Lot dan berdiri di atas sebuah batu karang laut kokoh nan kuat , disebelah barat terdapat juga Pura Batu Bolong yang tidak kalah indah dengan tempat yang indah lainnya di pulau Bali.
tanahlot"
Kunjungi artikel lainya:
Indahnya Ubud Bali wisata Bali
Indahnya Pura Besakih Bali

Wisata Tanah Lot di Bali saat sunset atau sering disebut juga saat matahari terbenam merupakan pemandangan yang sangat indah saat kita bisa menikmati ketika berkunjung ditempat wisata terfavorit di pulau Bali, dan menjadi liburan yang sangat berkesan tidak mudah terlupakan.  Tempat suci ini adalah salah satu Pura Kahyangan Jagat,  pura yang sakral suci dan sangat dijaga kesuciannya dan kelestariannya di Pulau Dewata. Tanah Lot berasal dari kata “Tanah” artinya tanah dan “Lot” (Lod) yang berarti laut, yang karena letaknya di laut atau pantai bagai mengambang saat air laut pasang sehingga bisa diartikan Tanah Lot adalah sebuah Tanah atau Pulau yang letaknya di laut, oleh sebab itu orang orang menyebutnya Tanah Lot.
"Keindahan Sunset di Pura  Tanah Lot Bali"
Pura Tanah Lot berlokasi di kabupaten Tabanan, tepatnya di desa Beraban Kecamatan Kediri di pesisir selatan pulau Bali dari kota Denpasar kurang lebih 25 kilometer.  Pura Tanah Lot berdiri di atas batu karang laut besar menghadap ke samudra Hindia. Tempat ibadah ini merupakan pura Hindu yang di bangun untuk memuja Tuhan dalam manifestasi-NYA sebagai Dewa Laut atau Dewa Baruna guna keselamatan dan kesejahteraan di dunia tak luput untuk keseimbangan antara laut dan bumi.
"Keindahan Sunset di Pura  Tanah Lot Bali1"

Di area sekitar Tanah Lot terdapat 8 pura suci,dengan masing-masing fungsi dan tujuan sendiri.

1.Pura Penataran , berlokasi di bagian utara Pura Tanah Lot, adalah pura untuk memuja  Tuhan dan manifestasi-NYA untuk kebahagiaan dan kesejaheraan.

2.Pura Penyawang, berlokasi di bagian barat dari Penataran, merupakan tempat alternatif untuk bersembahyang sebab pada saat air laut pasang orang-orang yang ingin bersembahyang tidak bisa naik dan masuk ke Pura Tanah Lot.

3.Pura Jero Kandang, lokasi sekitar 100 meter di sebelah barat Pura Penyawang, pura ini di bangun untuk memohon kepada Tuhan agar diberikan kesejahteraan dan keselamatan bagi ternak dan tanaman.

4.Pura Enjung Galuh, lokasi dekat dengan Pura jero Kandang, pura ini di bangun untuk memuja Dewi  Sri untuk kesuburan tanah dan pertanian.

5.Pura Batu Bolong, lokasi sekitar 100 meter sebelah barat Pura Enjung Galuh, pura ini di gunakan pada saat upacara Melasti atau upacara penyucian.

6.Pura Batu Mejan, lokasi  kurang lebih 100 meter bagian barat Pura Batu Bolong, pura ini biasa disebut juga Pura Beji. Beji artinya mata air dalam bahasa Bali, masyarakat mempercayai  bahwa air suci dari mata air ini bisa menyucikan segala sesuatu dari keburukan atau unsur negatif.

7.Monumen Tri Antaka, Monumen ini dibuat untuk menghormati 3 pahlawan Bali, yaitu I gusti Ketut Kereg, I Wayan Kamias serta I Nyoman Regug, yang dahulu berperang mempertahankan Bali dari tentara NICA (Netherlands Indies Civil Administration) Juni 1946 di kawasan Tanah Lot.

8.Pura Pakendungan, lokasi di bagian barat kira-kira 300 meter dari Pura Tanah Lot. Di Pura inilah tempat dimana Dang Hyang Nirartha bermeditasi dan ditempat ini juga keris sakti Jaramenara diberikan kepada Bendesa Baraban Sakti.
"odalan"

Pada tahun 1980, bagian pinggir karang Pura Tanah Lot mengalami abrasi sehingga terjadi pengikisan yang menjadikan tempat suci ini berbahaya bagi keselamatan pengunjung dan pemedek (orang-orang yang akan bersembahyang di pura). Sehingga dilakukan proyek yang mendapat dukungan dari pemerintah Jepang dan Jerman untuk menanggulangi hal tersebut,  dan untuk menjaga pura yang mempunyai nilai sejarah ini agar tetap berdiri kokoh di atas batu karang laut. Tanah Lot adalah daerah tujuan wisata yang terkenal di dunia menjadi salah satu abyek wisata terbaik di Bali dan salah satu tempat wisata favorit untuk dapat menikmati indahnya sunset tenggelamnya matahari. Jika hendak berkunjung ke Tanah Lot untuk menikmati sunset matahari tenggelam  pada waktu senja atau sore hari dari jam 4 hingga jam 7 petang atau malam karena pada jam jam tersebut dengan cuaca yang cerah anda dapat menikmati keindahan sunset tenggelamnya matahari. Selain itu juga pengunjung dapat berjalan-jalan dan berada dekat dengan batu karang dari dekat pura pada saat air laut surut, namun sangat berbahaya dan tidak dianjurkan melakukan hal tersebut pada saat air laut sedang pasang. Tanah Lot Bali  sangat cocok dijadikan tujuan wisata religi dan wisata liburan bersama keluarga, famili, sahabat dan handaitolan, karena dikawasan Tanah Lot juga sudah tersedia fasilitas yang sangat memadai seperti halnya Hotel, restoran, sunset teras, tanah Lot cultural park, toko souvenir, dan tempat parkir yang sungguh luas beserta fasilitas umum lainya.